PUSAT PENGEMBANGAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN JAKARTA

Sawangan 2009

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG

Rabu, 20 Mei 2009

Tinjauan Penelitian Proyek Akhir Fase 1 & 2

APLIKASI PENJUALAN PADA TOMMY SALON CIPUTAT

Fase Pertama (I):
1. Pengenalan
  • Masalah
Masalah yang terjadi pada penjualan barang yang diterapkan pada "TOMMY SALON CIPUTAT" adalah sistem pencatatan penjualan barang dan jasa secara manual. Pencatatan penjualan barang dan jasa secara manual pada dasarnya akan mengalami banyak kseulitan-kesulitan, diantaranya:
a. Waktu yang dibutuhkan sangat banyak
b. Keamanan data kurang terjamin
c. Tingkat kesalahan pencatatan terlalu banyak
  • Kesempatan
Dari masalah-masalah tersebut, dengan menggunakan sebuah aplikasi yang dikhususkan pada sistem penjualan barang dan jasa akan membantu perusahaan dan manajemen dalam mengembangkan peusahaan yang sedang dijalankannya.

  • Tujuan
Tujuan dari pembuatan aplikasi penjualan barang ini akan sangat membantu pihak perusahaan dan manamejen dalam mengelola penjualan barang dan jasa yang ada diperusahaannya. Misalnya, jika perusahaan memerlukan laporan penjualan barang, maka dengan waktu yang singkat akan dihasilkan laporan penjualan barang yang valid dan akurat. dalam arti laporan tersebut benar-benar terjadi dan sesuai dengan kenyataannya.

2. Keterlibatan Personal
  • Analisis Sistem
Agar bisa menghasilkan output yang benar dan sesuai dengan kebutuhan usaha atau perusahaan, maka sebagai peneliti harus mengetahui apa dan bagaimana sistem yang dijalankan oleh perusahaan yang bersangkutan. Misalnya: sistem apa yang dipergunakan oleh perusahaan selama ini dan masalah-masalah apa saja yang mereka hadapi dengan sistem yang mereka pergunakan di dalam sistem penjualan barang dan jasanya selama ini. Tujuannya adalah supaya sebagai peneliti tahu dengan pasti apa yang akan dibuat yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan yang bersangkutan.

  • Manajemen User
Apa yang dipikirkan dan dirancang oleh peneliti harus diketahui oleh pihak manajemen atau perusahaan, hal ini bertujuan agar apa yang kita rancang nantinya sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

  • Manajemen Sistem
Semua aspek yang ada dalam perusahaan akan menentukan langkah dan cara kerja kita dalam membuat aplikasi. Karena pada dasarnya semua sistem yang ada dalam perusahaan saling berkaitan dan berhubungan satu sama lain. Demikian juga dengan aplikasi yang dirancang dan dibuat akan berpengaruh kepada sistem perusahaan yang saling berhubungan

Fase Kedua (II):
1. Menentukan Kebutuhan Informasi.
  • Interview Manajemen, Operasi dan Personal
Melakukan wawancara dengan pihak perusahaan, kegiatan operasi perusahaan dan semua bidang yang ada dalam perusahaan yang pada akhirnya akan terlibat dalam program atau aplikasi yang dibuat.

  • Melakukan Dokumen Sistem/Operasi
Hal utama yang akan membuat aplikasi dapat diciptakan dengan baik dan benar, sesuai dengan kebutuhan perusahaan adalah informasi mengenai operasi perusahaan dan sistem yang mereka pergunakan. Jadi, sebagai peneliti harus mengumpulkan informasi mengenai sistem dan operasi yang dipergunakan oleh perusahaan. informasi yang dikumpulkan adalah informasi-informasi terbaru yang dimiliki dan digunakan oleh perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar