PUSAT PENGEMBANGAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN JAKARTA

Sawangan 2009

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG

Jumat, 22 Mei 2009

Resume Bab 1 : Analisis dan Sistem Informasi

1. Konsep Dasar Sistem
Suatu sistem adalah jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan untuk tujuan penyelesaian suatu sasaran tertentu, sedangkan prosdur adalah rangkaian operasi klerikal yang melibatkan beberapa orang didalam satu/lebih departemen yang digunakan untuk menjamin penanganan yang seragam dari transaksi-transaksi bisnis yang terjadi serta untuk menyelesaikan kegiatan tertentu.
Penekanan pada elemen atau komponennya adalah : suatu sistem merupakan kumpulan dari elemen-elemen yang saling berinteraksi untuk mencapai tujuan tertentu.

2. Karakteristik Sistem
merupakan bagian dan subbagian dari suatu sistem yang saling berinteraksi satu sama lain dan bekerja sama membentuk satu kesatuan.
  • Masukan
Masukan yang dimaksud dalam hal ini dapat berupa masukan perawatan dan masukan sinyal
  • Keluaran
Hasil dari energi yang telah diolah dan diklasifikasikan menjadi keluaran yang berguna dan sisa pembuangan,
  • Pengolahan
Bagian dari suatu sistem yang berfungsi untuk mengolah data dari mentah menjadi data yang valid dan berguna bagi seseorang, badan atau organisasi.
  • Sasaran dan Tujuan
Bagian dari sistem yang menentukan ke mana arah suatu kegiatan itu akan sampai.

3. Klasifikasi Sistem
  • Sistem Tertentu
Suatu sistem yang outputnya dapat diramal dan dideteksi dengan pasti.
  • Sistem Probabilistik
Sistem yang input dan prosesnya dapat didefenisikan, akan tetapi output yang dihasilkan tidak dapat ditentukan dan diramal dengan pasti. Pada sistem ini, sering terjadi kesalahan pada penentuan dan peramalan outputnya.
  • Sistem Terbuka
Sistem yang berpengaruh dan berhubungan dengan lingkungan luarnya. Dengan kata lain, sistem terbuka menyesuikan diri dengan kondisi diluar dari pada kondisi internalnya.
  • Sistem Tertutup
Sistem fisik dimana proses yang terjadi tidak mengalami perubahan materi, energi atau informasi dengan lingkungan luar diluar sistem tersebut.
  • Relative Closed Sistem
Sistem tertutup tetapi tidak tertutup sama sekali untuk menerima pengaruh-pengaruh lain.

  • Artificial System : Sistem yang meniru kejadian dalam sistem
  • Natural System : sistem yang dibentuk dari kejadian dalam alam. contoh: laut, tatasurya, dll
  • Manned System: Sistem penjelasan tingkah laku yang meliputi keikutsertaan manusia
4. Jenis Sistem
Pada dasarnya sistem dibagi ke dalam 2 kelompok yaitu sistem alami dan sistem buatan manusia. Sistem alami terbagi 2 yaitu sistem fisik dan sistem kehidupan, sedangkan sistem buatan manusia pada umumnya dibagi berdasarkan spesifikasi tertentu seperti sistem sosial, sistemm organisasi, sistem transportasi, sistem komunikasi, sistem produksi dan sistem keuangan.

Sistem terotorisasi mempunyai sejumlah komponen yaitu perangkat keras, perangkat lunak, personil, data dan prosedur.

Sistem terotomasi terbagi dalam sejumlah kategori, yaitu:
  • Online System: sistem yang menerima secara langsung masukan area dimana mereka dimasukkan dan menghasilkan keluaran, area, dimana mereka diperlukan.
  • Real-Time System: sistem yang mekanisme pengontrolan, perekaman data dan pemrosesan yang sangat cepat dengan hasil yang dapat diterima dalam waktu yang relatif sama.
  • Decision Support System+Strategic Planning Systems : sistem yang memproses transaksi organisasi secara harian, membantu para manajer mengambil keputusan, mengevaluasi dan menganalisis tujuan organisasi.
  • Knowledge-Based Systems, program komputer yang dibuat mendekati kemampuan dan pengetahuan seorang pakar.

5. Pelaku Sistem
  • Pemakai
Adalah pelaku yang terpenting karena sistem diciptakan untuk pemakai dan melalui komunikasi dengan sistem dibuat dan dirancang hingga mencapai bentuk terakhir. Pada umumnya pemakai dibagi menjadi 3 jenis, yaitu Operasioanl, Pengawas dan Eksekutif.
  • Manajemen
Terdiri dari 3 jenis manajemen yaitu: manajemen pemakai, manajemen sistem dan manajemen umum.
  • Pemeriksa
  • Penganalisa Sistem
Fungsinya adalah sebagai arkeolog, Inovator, mediator, pimpinan proyek.
  • Pendesain sistem
Menerima hasil penganalisa sistem yang kemudian ditransformasikan ke desain arsitektur tingkat tinggi dan tidak diformulasikan oleh pemograman
  • Pemrogram
  • Personil Pengoperasian

6. Informasi
  • Data vs Informasi
a. Data adalah deskripsi dari sesuatu dan kejadian yang dihadapi
b. Data bisnis adalah deskripsi organisasi tentang sesuatu dan kejadian
c. Data adalah kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan nyata. Kejadian adalah sesuatu yang terjadi pada saat tertentu.

Informasi yang telah diolah akan memberikan hasil mengenai :
  • Laporan penjualan dari setiap salesman, yang berfungsi untuk memberikan besarnya komisi dan bonus
  • Laporan penjualan setiap daerah, yang berfungsi untuk pelaksanaan promosi dan periklanan
  • Laporan penjualan setiap jenis barang, yang berfungsi untuk mengontrol persediaan barang dan untuk mengevaluasi barang yang tidak/kurang laku terjual.
Defenisi Informasi
Terdiri dari:
  • Data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya
  • sesuatu yang nyata/setengah nyata yang dapat mengurangi derajat ketidakpastian tentang suatu keadaan/kejadian.
  • mengorganisasikan data untuk membantu dalam pengambilan keputusan tertentu/untuk tindakan di masa yang akan datang/bukan berupa suatu tindakan untuk mencapai tujuan perusahaan.
7. Pengolahan Data
  • Data Input
a. Recording transaction data ke sebuah pengolahan data medium
b. Coding transaction data ke dalam bentuk lain
c. Storing data or information untuk pengambilan keputusan.
  • Data Transformation
a. calculating, operasi aritmatik terhadap data field
b. Summarizing, proses akumulasi beberapa data
c. Classifying, pengklasifikasian data-data
  • Information Output
a. Displaying result, menampilkan informasi yang dibutuhkan pemakai melalui monitor/cetakan
b. Reproducing, penyimpanan data yang digunakan untuk pemakai lain yang membutuhkan
c. Telecommunicating, penyimpanan data secara elektronik melalui saluran komunikasi.

8. Siklus Informasi
Untuk memperoleh informasi yang bermanfaat bagi penerimanya, perlu untuk dijelaskan bagaimana siklus yang terjadi/dibutuhkan dalam menghasilkan informasi. Pertama-tama data dimasukkan ke dalam model yang umumnya memiliki urutan proses tertentu dan pasti, setelah diproses akan dihasilkan informasi tertentu yang bermanfaat bagi penerima sebagai dasar dalam membuat suatu keputusan atau melalui tindakan tertentu.

Kualitas informasi sangat dipengaruhi oleh 3 hal, yaitu:
  • Relevan artinya informasi harus memberikan manfaat bagi pemakainya. Karena pada dasarnya, relevansi antara satu dengan yang lainnyya berbeda.
  • Akurat artinya informasi harus bebas dari berbagaii kesalahan dan tidak menyesatkan serta jelas mencerminkan maksudnya.
  • Tepat waktu artinya informasi yang dibutuhkan/dihasilkan tidak boleh terlambat (usang)
  • Ekonomis artinya informasi yang dihasilkan harus dapat diterima oleh user dengan tingkat manfaat yang tinggi.
  • Efisien artinya informasi yang dihasilkan harus sesuai dengan permintaan user atau pengguna
  • Dapat dipercaya
Nilai Informasi

Nilai informasi ditentukan dari: manfaat dan biaya. Suatu informasi dikatakan bernilai bila manfaatnya lebih efektif dibandingkan dengan biaya mendapatkannya dan sebagian besar informasi tidak dapat tepat ditaksir keuntungannya dengan satuan nilai uang, tetapi dapat ditaksir nilai efektifitasnya.

Informasi dan Tingkat Manajemen Berdasarkan tingkatan manajemen, informasi dapat dikelompokkan berdasar penggunanya, yaitu:
  • Informasi Strategis
  • Informasi Taktis
  • Informasi Teknis

Sistem Informasi
Dapat didefenisikan sebagai:
  • Suatu sistem yang dibuat oleh manusia yang terdiri dari komponen2 dalam organisasi untuk mencapai suatu tujuan yaitu menyajika informasi
  • Sekumpulan prosedur organisasi yang pada saat dilaksanakan akan memberikan informasi bagi pengambil keputusan untuk mengendalikan informasi
  • Suatu sistem didalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi, mendukung operasi, bersidat manajerial, dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan yang diperlukan.
Manfaat Sistem Informasi
Informasi yang dihasilkan akan berpengaruh berat kepada : organisasi, bank dan perusahaan dalam pengambilan keputusan.

9. Analisis dan Desain Sistem
Analisis sistem sangat bergantung pada teori sistem umum sebagai sebuah landasan konseptual. banyak pendekatan yang dapat dilakukan untuk menganalisis sistem dan pada dasarnya semuanya memiliki tujuan yang sama yaitu memahami sistem yang rumit kemudian melakukan modifikasi dengan beberapa cara.
Tahapan dalam menganalisis sistem:
  • Definisikan masalahnya
  • Pahami sistem tersebut dan buat definisinya
  • Alternatif apa yang tersedia untuk mencapai tujuan dengan memperhatikan modifikasi tersebut? Pilihan apa saja yang tersedia untuk memperbaiki sistem ? dan berapa biayanya serta apa hal tersebut dapat diterapkan?
  • Pilih salah satu alternatif yang telah dirumuskan pada tahap sebelumnya
  • Terapkan alternatif tersebut
  • Jika memungkinkan harus mencoba mengevaluasikan dampak dari perubahan yang telah dilakukan terhadap sistem
10. Globalisasi Ekonomi
Pengaruh globalisasi ekonomi terhadap para pemain dalam permainan sistem:
  • sistem informasi dan aplikasi komputer harus diinternasionalkan
  • kebanyakan sistem informasi pada akhirnya memerlukan konsolidasi informasi untuk analisis performa dan pembuatan keputusan.
a. E-Commerce dan E-Business
Ada 3 type dasar aplikasi sistem informasi E-Commerce dan E-Business yaitu:
  • Pemasaran image, produk dan layanan perusahaan adalah bentuk aplikasi perdagangan elektronik
  • Perdagangan elektonik business to consumer, bisnis ke konsumen mencoba untuk menawarkan saluran distribusi produk dan layanan tradisional yang baru dan berbasis web
  • Perdagangan elektronik business to business
b. Keamanan dan Privasi
c. Kolaborasi dan Rekanan
d. Manajemen Aset Pengetahuan
e. Continous Improvement dan Total Quality Management
f. Desain Ulang Proses Bisnis
g. Aplikasi Enterprise
Secara virtual, semua organisasi besar dan kecil mensyaratkan satu set inti untuk melaksanakan bisnis. kebanyakan bisnis aplikasi terdiri dari manajemen finansial, manajemen SDM, pemasaran dan penjualan dan manajemen operasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar